Pengaruh Model TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIS Ikhwanul Muslimin Kecamatan Percut Sei Tuan

Wahyuni, Hilda (2022) Pengaruh Model TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIS Ikhwanul Muslimin Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER OKE.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT (Team games Tournament) berbantuan Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di MIS Ikhwanul Muslimin Kec. Percut Sei Tuan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV MIS Ikhwanul Muslimin. Sampel diambil dengan teknik probability sampling yang terdiri dari 24 siswa pada kelas IVA sebagai kelas kontrol dan 24 siswa pada kelas IV-C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian quasi experimental design (eksperimen semu) dengan bentuk penelitian Pretest-posttest Control Group Design dan instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar. Analisis data hipotesis dilakukan dengan uji Anova satu jalur (One Way Anova) melalui program komputer SPSS 21. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis varians satu jalur, dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai Sig 0,000, dimana 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model TGT berbantuan Ice Breaking memberikan pengaruh yang signifikan. Diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan penerapan model TGT berbantuan Ice Breaking adalah 81,3 dengan selisih antara nilai pretest dan posttest sebesar 51,9. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan metode ceramah adalah 71,8 dengan selisih nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 42,3. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT (Team Games Tournament) berbantuan Ice Breaking lebih baik daripada metode ceramah serta terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di MIS Ikhwanul Muslimin Kec. Percut Sei Tuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Ice Breaking, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:08
Last Modified: 17 Oct 2022 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16029

Actions (login required)

View Item View Item