Pengembangan Media Kotak Tematik Bergambar (Kotebe) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Rantai Makanan Pada Siswa SD Swasta Bani Adam AS Mabar Kecamatan Medan Deli Kota Medan

Syintia, Fikih (2021) Pengembangan Media Kotak Tematik Bergambar (Kotebe) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Rantai Makanan Pada Siswa SD Swasta Bani Adam AS Mabar Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam penyampaian materi pembelajaran. Kotak tematik bergambar juga merupakan salah satu media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam memahami pelajaran mengenai materi rantai makanan. Penelitian dan pengembangan merupakan jenis penelitian yang dipilih dalam penyusunan karya ilmiah ini dengan menerapkan tahapan yang sudah disederhanakan berdasarkan prosedur Borg and Gall. Tahapan penelitian yang dilakukan secara garis besar terdiri dari tahapan penegembangan produk, tahapan validasi produk, dan uji coba produk. Pada penelitian ini subjek yang dilibatkan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Swasta Bani Adam As sebanyak 18 responden. Data validasi diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi pembelajaran untuk mengetahui kelayakan produk , kemudian uji coba lapangan utama oleh guru dan siswa yang bertujuan untuk memperoleh data kepraktisan dan efektifitas produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti memberikan keterangan bahwa: produk Media Kotak Tematik Bergambar (Kotebe) yang telah dikembangkan “ sangat layak” untuk digunakan setelah melalui uji validasi dari ahli media belajar dengan nila 95% dan ahli materi pembelajaran dengan nilai presentasi 92,5%, kemudian dilihat dari uji kepraktisan melalui uji coba produk kotak tematik bergambar pada lapangan utama oleh guru diperoleh nilai presentasi 80,2% dan siswa diperoleh nilai presentasi 82,5% maka ‘’sangat praktis’’ dibuktikan dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media kotak tematik bergambar yaitu 67,44 dan setelah menggunakan media kotak tematik bergambar diperoleh nilai rata-rata yaitu 84,61. Jadi setelah peneliti memperoleh hasil dari berbagai macam uji validasi dapat diketahui bahwa penelitian ini dapat diterima. Maka dari hasil tersebut dinyatakan bahwa Pengembangan Media Kotak Tematik Bergambar yang dibuat oleh peneliti dapat dikatakan valid, fraktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Rantai Makanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Kotak Tematik Bergambar, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:36
Last Modified: 14 Oct 2022 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15989

Actions (login required)

View Item View Item