Peran Guru Ips Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Aek Kuo Padang Halaban Kabupaten Labuhanbatu Utara

Harahap, Aditya Putri (2021) Peran Guru Ips Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Aek Kuo Padang Halaban Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan lainnya.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (100kB)
[img] Text
daftar pustaka dan lampiran.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Cara Guru IPS Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Aek Kuo Padang Halaban Kabupaten Labuhanbatu Utara (2) Cara Guru IPS meningkatkan berfikir kritis siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Aek Kuo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan subjek penelitiannya yaitu guru yang mengajar di SMP Negeri 1 Aek Kuo dan siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 1 Aek Kuo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Redukusi data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian cara guru yang sudah diterapkan dan dilakukan di SMP Negeri 1 Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu: (1) Cara guru IPS sebagai motivator yaitu guru senantiasa memberikan dorongan berupa motivasi belajar kepada siswa pada saat pembelajaran,cara guru IPS sebagai pengelola kelas yaitu guru melaksanakan perannya sebagai pengelola kelas untuk meningkatkan berfikir kritis siswa menyiapkan berupa strategi pembelajaran dan lain sebagainya, cara guru IPS sebagai fasilitator yaitu memberikan informasi dalam proses pembelajaran dan memperjelas informasi pembelajaran terkait kemampuan berfikir kritis siswa,cara guru IPS sebagai demonstrator yaitu guru dituntut untuk bisa mendemonstrasikan kegiatan pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang dipelajari, cara guru IPS sebagai evaluator yaitu dengan guru membuat evaluasi pembelajaran kepada siswa dengan memberi sejumlah pertanyaan maupun tes atau soal-soal, evaluasi yang dilakukan guru terhadap berfikir kritis siswa. (2) Cara Guru IPS mengukur berfikir kritis siswa yaitu memberi soal berupa tes-tes, menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas di LKS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:54
Last Modified: 22 Sep 2022 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item