Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Al Hidayah Medan Tembung

Rosnitini, Rosnitini (2021) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Al Hidayah Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DLL ROSNITINI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 rosnitini.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2 rosnitini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB 3 ROSNITINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB 4 ROSNITINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB 5 ROSNITINI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFUS,,,,,LAMPIRAN ROSNITINI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui mutu pembelajaran yang ada di SMP Al Hidayah Medan Tembung, (2) untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di SMP Al Hidayah Medan Tembung, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Al Hidayah Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan naturalistic dimana sumber data yang diperoleh berdasarkan situasi yang wajar sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Ada tiga informan yaitu kepala sekolah, wakil bidang sarana dan prasarana, guru. Untuk keabsahan data penelitian digunakan Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) mutu pembelajaran yang ada di SMP Al Hidayah Medan Tembung, (2) manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di SMP Al Hidayah Medan Tembung, (3) faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Al Hidayah Medan Tembung. Penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan mutu pembelajaran maka sangat perlu manajemen sarana dan prasarana yang baik, dan dengan dilakukannya penelitian ini dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Al-Hidayah Medan Tembung sudah terpenuhi. Namun dalam pengelolaan masih sangat kurang. Pengadaan sarana dan prasarana di SMP Al-Hidayah Medan Tembung ditanggung jawabi oleh wakil kepala bidang sarana dan prasarana, pengadaan yang dilakukan sesuai dengan perencanaan melalui analisis kebutuhan. Namun, pengadaan itu tidak terlepas dengan anggaran yang sudah tersedia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:46
Last Modified: 15 Sep 2022 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item View Item