Implementasi Model Open Ended Learning (OEL) Dalam Mengembangkan Kognitif Siswa Kelas 5 MIN 7 Langkat

Apriani, Sintia (2022) Implementasi Model Open Ended Learning (OEL) Dalam Mengembangkan Kognitif Siswa Kelas 5 MIN 7 Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER Sintia Apriani 0306183192 (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Sintia Apriani 0306183192.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB 2 Sintia Apriani 0306183192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Sintia Apriani 0306183192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Sintia Apriani 0306183192.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Sintia Apriani 0306183192.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Sintia Apriani 030613192.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Open Ended Learning (OEL) Dalam Mengembangkan Kognitif Siswa Di Kelas V MIN 7 Langkat, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dikumpulkan kemudian dianalisis secara interaktif dan berlangsung terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Imlementasi Model Open Ended Learning dalam Mengembangkan kognitif siswa pada kelas V MIN 7 Langkat dengan cara pemberian pertanyaan atau persoalan yang diberikan masih pertanyaan umum dengan jawaban yang pasti dan tidak beragam. Hal ini dikarenakan mengingat perkembangan usia siswa yang masih dalam tahap peralihan dari masa operasional konkret menjadi operasianl formal. (2) Faktor pendukung Implementasi Model Open Ended Learning Dalam Mengembangkan Kognitif Siswa Kelas V MIN 7 Langkat yaitu latar belakang pendidikan guru, profesionalitas guru, kesiapan fisik dan psikis peserta didik, motivasi orang tua peserta didik dan fasilitas ruang kelas yang representatif. Adapun faktor penghambatnya yaitu kesulitan guru dalam pengelolaan kelas, sikap pasif peserta didik, minimnya media teknologi dalam pembelajaran. (3) Efektifitas Implementasi Model Open Ended Learning Dalam Mengembangkan Kognitif Siswa Kelas V MIN 7 Langkat menunnjukkan bahwa penerapannya sudah efektif, hal ini dapat terlihat dari siswa sudah lebih berani dalam menjawab pertanyaan dan siswa yang tidak berani menjawab menjadi berani serta siswa banyak yang aktif apabila diberi pertanyaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Open Ended, Perkembangan Kognitif Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:13
Last Modified: 15 Sep 2022 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15889

Actions (login required)

View Item View Item