Upaya Guru Bimbingan Konseling Menumbuhkan Ketangguhan Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Di Kelas VII SMP Negeri 36 Medan

Lubis, Muhammad Nurul Zaman (2021) Upaya Guru Bimbingan Konseling Menumbuhkan Ketangguhan Belajar Siswa Melalui Layanan Informasi Di Kelas VII SMP Negeri 36 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER SKRIPSI M. NURUL ZAMAN LUBIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI M.NURUL ZAMAN LUBIS.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI M.NURUL ZAMAN LUBIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI M. NURUL ZAMAN LUBIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI M. NURUL ZAMAN LUBIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI M.NURUL ZAMAN LUBIS.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI M. NURUL ZAMAN LUBIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana Upaya Guru Bimbingan Konseling Menumbuhkan Ketangguhan Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 36 Medan. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian bentuk kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data permasalahan siswa yaitu dengan teknik Observasi, wawancara dan juga Dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur, analisis berinteraksi yaitu observasi, wawancara mereduksi data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Penelitian bahwa : 1) Upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling adalah dengan memberikan layanan informasi merupa pemberian motivasi kepada siswa yang bermasalah. 2) Faktor yang menjadi penghambat kemampuan belajar yaitu akibat keadaan keluarga yang tidak harmonis dan juga faktor ekonomi. 3) Pelaksanaan bimbingan konseling untuk menumbuhkan ketangguhan belajar yaitu siswa yang bermasalah terlebih dahulu ditangani oleh wali kelas kemudian apa bila tidak ada perubahan akan di serahkan kepala guru bimbingan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK dan Ketangguhan Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:17
Last Modified: 08 Sep 2022 03:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15771

Actions (login required)

View Item View Item