Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2020/2021

Handayani, Trika (2021) Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitiannini untukkmendeskripsikan kegitanbbelajar, masalah yanggdialamii siswa, dan upayagguruddalam mengatasiikesulitan bbelajar matematika siswa kelas V SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Desa Cinta Rakyat KecamatannPercuttSei TTuan. Dalam penelitian dipergunakan ialah pendekatan kualitatif dengan penelitian yang berjeniskan deskriptif. Saat melakukan pendekatan sesui dengan keadaan sebenarnya. Subjek yang digunakan saat penelitian merupakan guru kelas dan siswa kelas V SDnNegerii107403 Cinta RakyattDesaaCintaaRakyat KecamatanNPercutTSeiTTuan. PengumpulanNdataadilakukan denganoobservasi, wawancara,ssertaddokumentasi. Analisissdataasaattpenelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sesuai model Miles dan Huberman ada tiga ialah: redukasi data, ppenyajianDdata (display data), dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui tringulasi teknik serta tringulasi sumber. Hasilldari penelitiannyang dilakukan membuktikan pada saatpproses kegiatanbbelajarmmengajar telah bberjalanndenganbbaik.hHal iniisesui dengan: (1) belajarrmengajarrmmemilikittujuan, (2) prosedurryangddirencanakan, (3) penggarapannmaterikkhusus, (4) aktivitas anakkdidik, (gurubberperanssebagai pembimbing), (6) disiplin dalammbelajarmmengajar, (7) batas waktu dalam belajar mengajar, (8) evaluasi. Penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa siswa kelas V SD Negeri 107403 mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini di tinjau dari beberapa kesulitan dalam pembelajaranyyaitu: (1) kelemahanndalammmenghitung, (2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, (3) kesulitan dalam bahasa dan membaca, (4) kesulitan dalam persepsi visual, (5) kesulitan mengenal dan memahami simbol. Dan hasil penelitian guru telah menjalankan enam solusi pada permasalahan kesulitan siswa dalam belajar matematika kelas V SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Hal ini berlandaskan dengan: (1) guru mengecek persiapan peserta didik agar belajar matematika, (2) penggunaan alat peraga saat mengajar, (3) masalah diberi sesuai dengan keseharian anak didik, (4) tahap sulitnya soal sesui dengan tahap mampunya anak didik, (5) memberikan anak didik kebebesan dalam penyelesaian soal sesui caranya sendiri, (6) menghapuskan ketakutan anak didik untuk belajar matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar, Kesulitan Siswa, Upaya Guru, SD Negeri 107403 Cint aRakyat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:32
Last Modified: 13 Mar 2023 09:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item