Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal

Saleha, Saleha (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER TERBARU watermark.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB I (SATU) watermark.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II (DUA) watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB III (TIGA) watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV (EMPAT) watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V (LIMA) watermark.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas Kontrol SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal. 2). Hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas Eksperimen SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal. 3). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan metodelogi quasi eksperiment dengan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal, dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas IV-A (kelas eksperiment ) dan IV-B (kelas kontrol). Hasil penelitian rata-rata kelas eksperimen pre test 51,76 dan rata-rata post test 82,36, dengan nilai tertinggi post test 93,3 dan nilai terendah 73,3. Kelas kontrol dengan rata-rata pre tes 44,56 dan rata-rata nilai post test 76.64 dengan nilai tertinggi 87dan terendah 67. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 39,722 > 2,069 dengan angka signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dinyatakan ada pengaruh penggunaan Media Audio Visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar kelas IV di SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item View Item