Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Example Non-Example

Rangkuti, Rizki Kurniawan and Albina, Meyniar and Masito, Masito (2022) Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Example Non-Example. Jurnal e-DuMath, 8 (1). pp. 47-56. ISSN P : 2356-2102 O : 2356-2099

[img] Text
Artikel Sinta 4.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Example Non.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kemampuan Metakognisi.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan peningkatan kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar terhadap pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran example non-example. Metode dalam penelitian adalah mixed-method dan teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes metakognisi matematis, angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji Mann-Whithney (non-parametric). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognisi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran example non-example, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran example non-example.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Metakognisi Matematis, Kemandirian Belajar, Discovery Learning, Example Non-Example
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jun 2022 05:59
Last Modified: 30 Aug 2024 23:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item