Rangkuti, Rizki Kurniawan and Albina, Meyniar and Masito, Masito (2022) Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Example Non-Example. Jurnal e-DuMath, 8 (1). pp. 47-56. ISSN P : 2356-2102 O : 2356-2099
Text
Artikel Sinta 4.pdf Download (457kB) |
|
Text
Kemampuan Metakognisi dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Example Non.pdf Download (1MB) |
|
Text
Kemampuan Metakognisi.pdf Download (534kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan peningkatan kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar terhadap pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran example non-example. Metode dalam penelitian adalah mixed-method dan teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling yakni sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes metakognisi matematis, angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji Mann-Whithney (non-parametric). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognisi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran example non-example, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran example non-example.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Metakognisi Matematis, Kemandirian Belajar, Discovery Learning, Example Non-Example |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 05:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 23:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14155 |
Actions (login required)
View Item |