Strategi Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap Cabang Kota Medan di Media Sosial dalam Menarik Donatur untuk Berdonasi pada Program Operasi Pangan Gratis

Ramtika, Hani Ayu (2023) Strategi Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap Cabang Kota Medan di Media Sosial dalam Menarik Donatur untuk Berdonasi pada Program Operasi Pangan Gratis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_HANI_AYU_RAMTIKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1_-_HANI_AYU_RAMTIKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB_2_-_HANI_AYU_RAMTIKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB_3_-_HANI_AYU_RAMTIKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB_4_-_HANI_AYU_RAMTIKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB_5_-_HANI_AYU_RAMTIKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAPUS_DAN_LAMPIRAN_-_HANI_AYU_RAMTIKA_watermark-70-83.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap Cabang Kota Medan di Media Sosial dalam Menarik Donatur untuk Berdonasi pada Program Operasi Pangan Gratis. Metode penelitian ini yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Lembaga Aksi Cepat Tanggap Cabang Kota Medan, Divisi Marketing dan Communication, dan Customer Relations Officer. Hasil penelitian ini ialah pertama, strategi komunikasi Lembaga ACT Medan di media sosial yaitu melalui proses perencanaan dimana dalam tahap ini diantaranya membuat jadwal postingan guna untuk tetap konsisten dan mudah menaikkan jumlah pengikut serta berkolaborasi dengan influencer dan mitra. Kemudian tahap implementasi yaitu mengkomunikasikan atau mempublikasikan kepada khalayak melalui konten di media sosial. Tahap terakhir yaitu evaluasi, dimana pada tahap ini dilihat dari segi media sosial yang digunakan cukup efektif dalam menggait donatur serta dalam memberikan informasi terkait report implementasi sedangkan dari segi respon pengguna media sosial lebih banyak mendapatkan respon yang positif. Kedua, hambatan yang dialami Lembaga Aksi Cepat Tanggap di media sosial diantaranya hambatan semantik yaitu hambatan dari segi bahasa dan hambatan ekologis yaitu dari segi lingkungan atau wilayah. Ketiga, faktor keberhasilan Lembaga Aksi Cepat Tanggap di media sosial yaitu dapat dilihat dari peningkatan di akun media sosial, memaksimalkan dengan baik penjadwalan untuk upload program atau informasi, dan didukung adanya kerjasama antar divisi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Media Sosial, Donatur, Donasi
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:20
Last Modified: 01 Sep 2023 09:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item