Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika di SDN 010097 Selawan Kisaran Timu

Utari, Tri Ayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika di SDN 010097 Selawan Kisaran Timu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Tri Ayu Utari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment design jenis kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IVA dan IVB di SDN 010097 Selawan Kisaran Timur dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonrandomized atau tidak secara random dan peneliti hanya mengambil dua kelas yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas IVA sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa di kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur pada materi Uang dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa di kelas konvensional yaitu dengan rata-rata 80,09 di kelas eksperimen dan 66,06 di kelas konvensional. Hasil belajar Matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) pada siswa kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur mengalami peningkatan sebesar 15,15%. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa thitung > ttabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) pada pelajaran Matematika materi Uang kelas IV SDN 010097 Selawan Kisaran Timur .

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:26
Last Modified: 13 Nov 2020 07:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item View Item