Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa di Indonesia Di Kelas V SDN 057232 Medan Dua Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2019/ 2020.

Aprilia, Tri Adha (2020) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa di Indonesia Di Kelas V SDN 057232 Medan Dua Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2019/ 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI TRI ADHA APRILIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa kelas V sebelum diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPS; 2) Penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPS; 3) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleks. Penelitian ini dilakukan di SDN 057232 Medan Dua Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah siswa 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Course Review Horay nilai rata- rata siswa 61 dan hasil belajar siswa yang tuntas hanya 9 siswa (30%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 21 siswa (70%), 2) Proses penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 057232 Medan Dua Kecamatan Babalan kabupaten Langkat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I, namun belum mencapai ketuntasan klasikal sehingga harus dilakukan siklus II, 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay hasil belajar siswa meningkat yang terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 74,67 (56,67%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,33 (86,67%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Nov 2020 15:05
Last Modified: 05 Nov 2020 15:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9817

Actions (login required)

View Item View Item