Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat melalui Strategi Skimming vs Scanning Pada Siswa Kelas V MIS At-Thawaf Medan Marelan T.A 2019/2020

Asiah, Nur (2020) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat melalui Strategi Skimming vs Scanning Pada Siswa Kelas V MIS At-Thawaf Medan Marelan T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Asiah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) kecepatan membaca siswa sebelum menggunakan strategi skimming vs scanning, (2) Kecepatan membaca siswa setelah menggunakan strategi skimming vs scannig, (3) Perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran membaca cepat menggunakan strategi skimming vs scanning Jenis penelitian berupa PTK dengan subyek penelitian kelas V yang terdiri dari 29 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Hasil rata-rata kecepatan membaca pada prasiklus yaitu sebesar 88 kpm dengan jumlah siswa 8 orang yang meraih kategori sangat cepat (2) Hasil kecepatan membaca siswa setelah diterapkan strategi skimming/scanning pada siklus I rata-ratanya menjadi 107 kpm atau meningkat sebesar 21,59 % dari prasiklus dengan jumlah siswa 13 orang yang meraih kategori sangat cepat, sedangkan pada siklus II rata-rata kecepatan membaca sebesar 189 kpm atau meningkat sebesar 76,63 % dari siklus I dengan jumlah siswa 14 orang yang meraih kategori sangat cepat. Peningkatan keterampilan membaca dari prasiklus ke siklus II yaitu sebesar 144,77 %. (3) Perubahan perilaku siswa pada saat diterapkannya pembelajaran pada siklus I belum memuaskan, dapat dilihat dari hasil observasi siklus I yaitu siswa yang berperilaku aktif secara keseluruhan selama mengikuti pembelajaran rata-rata 7 siswa atau sebanyak 27,34 % dengan presentase skor 85 % pada tingkat keberhasilan 76-85 % dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II perubahan perilaku siswa sudah lebih baik , siswa yang berperilaku aktif secara keseluruhan selama mengikuti pembelajaran rata-rata 7 siswa atau sebanyak 27,34 % dengan presentase skor 85 % pada tingkat keberhasilan 76-85 % dalam kategori baik Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi Skimming vs Scanning dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V MIS AtThawaf Medan Marelan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:42
Last Modified: 04 Nov 2020 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item