Strategi Coping Santri Putri Dalam Menghafal Alquran di Yayasan Islamic Centre Medan (khususnya di Madrasah Tahfizhil Quran)

Amelia, Ade (2019) Strategi Coping Santri Putri Dalam Menghafal Alquran di Yayasan Islamic Centre Medan (khususnya di Madrasah Tahfizhil Quran). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SkripSi Ade.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui Profil Yayasan Islamic Centre Medan; 2) Untuk mengetahui Strategi Coping Santri Putri dalam menghafal Alquran di Yayasan Islamic Centre Medan; 3) Untuk Mengetahui pengaruh Bimbingan Menghafal Alquran Terhadap Kemampuan Coping Santri di Yayasan Islamic Centre Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis pendekatannya adalah Deskriptif. Informan kunci penelitian ini adalah hafizhah Syarifah Muctia Alawiyah, Rahmi Fadilah Hsb, Nurasiyah Amel Lubis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut : strategi coping santri putri dalam setiap santri mempunyai strategi coping yang berbeda-beda dalam menanggulangi kesulitan menghafal Alquran ada yang terlebih dahulu menenangkan fikirannya agar mudah dalam menghafal Alquran. Ada juga yang menanggulangi kesulitan dalam menghafal Alquran dengan meminta nasehat dan motivasi kepada ustadzah. Meskipun strategi coping santri putri dalam menanggulangi kesulitan menghafal Alquran berbeda-beda tetapi semuanya tidak terlepas dari diri mereka masing-masing untuk mengingat tujuan awal dan cita-cita mereka dalam menghafal Alquran. faktor- faktor yang mempengaruhi strategi coping santri dalam menanggulangi kesulitan menghafal Alquran berasal dari faktor Internal dan faktor External. Faktor internal meliputi karakteristik personal ( kepribadian dan cara santri dalam menyelesaikan masalah) dan persepsi diri ( cara santri dalam menilai diri santri sendiri ). Faktor External meliputi dukungan keluarga dan sosial. Dukungan keluarga kepada santri seperti menelfon menjenguk, mengajak, berbincang memberikan motivasi, dukungan, dan semangat Serta mendoakan dan meridhoi kegiatan yang dilakukan para hafizhah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:32
Last Modified: 03 Nov 2020 06:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9778

Actions (login required)

View Item View Item