Pengaruh Strategi Social Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2018/2019

Aini, Ainun (2019) Pengaruh Strategi Social Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
96159.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Social Inquiry terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan strategi Social Inquiry memililki pengaruh terhadap hasil belajar PKn, dengan rata-rata hasil belajar 87,6. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 74,4. Peneliti menyarankan, agar peneliti lain dapat menerapkan strategi social inquiry ini pada mata pelajaran lain yang memiliki karakter materi sosial, seperti mata pelajaran IPS sebagai bentuk inovasi baru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Social Inquiry dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:15
Last Modified: 03 Nov 2020 06:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item