Upaya meningkatkan minat belajar IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya melalui strategi pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) Di kelas IV SD Muhammadiyah 28 Kel.Pulo Brayan Darat II Medan.

Asman, Selviana (2020) Upaya meningkatkan minat belajar IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya melalui strategi pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) Di kelas IV SD Muhammadiyah 28 Kel.Pulo Brayan Darat II Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi full kosong.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Setempat Melalui Strategi TPS (Think Paer Share) Pada Kelas IV SD Muhammadiyah 28 kel. Pulo Brayan Darat Medan T.A 2018/2019. Skripsi. Medan, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Medan 2019. Penelitian ini merupakan jenis Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah 28 Pulo Brayan Darat Medan yang berjumlah 20 orang siswa, laki laki berjumlah 10 sedangkan perempuan berjumlah 10 siswa. Desain penelitian menggunakan Strategi TPS (Think Paer Share). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan tehnik Angket danTes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah 28 Pulo Brayan Darat Medan, Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: minat belajar IPS terjadi peningkatan mengenai jumlah siswa yang berhasil memenuhi ketuntasan. Siklus pertama yang tuntas sebanyak 12 siswa (60 %) dengan nilai rata – rata 69,5 dan pada siklus ke II yang tuntas sebanyak 17 siswa (85%) dengan nilai rata – rata 7,7.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi Keanekaraaman Suku Dan Budaya melalui strategi pembelajaran kooperatif TPS dan penilaian autentik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya, Strategi Think Pair Share
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:33
Last Modified: 27 Oct 2020 05:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9732

Actions (login required)

View Item View Item