Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Tematik Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Berpikir Tingkat Tinggi

Wiyasih, Bella Rachma (2020) Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Tematik Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Berpikir Tingkat Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bella Rachma Wiyasih Pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pada Kurikulum 2013 guru berperan sebagai fasilitator, ia bertugas memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang nyata. Untuk menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran guru harus mengetahui dan menguasai apa saja yang diperlukan dalam proses pembelajaran, salah satunya LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui LKPD Tematik berbasis HOTS yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III MIN 3 Kota Medan. Metode penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D). Desan dari penelitian ini menggunakan desain Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Peneliti memiliki suatu inovasi dalam rangka guru sebagai fasilitator, yaitu pengembangan LKPD Tematik berbasis HOTS diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil dari penelitian ini, yaitu LKPD Tematik berbasis HOTS berdasarkan nilai yang diberikan oleh validator ahli meliputi ahli desain, materi, bahasa, dan pembelajaran dinyatakan valid memperoleh nilai 98,33% dengan kategori “Sangat Layak”. LKPD Tematik berbasis HOTS dinyatakan praktis, hal ini diperoleh dari kuesioner yang diisi 41 responden setelah menggunakan LKPD memperoleh nilai 94,66% dengan kategori “Sangat Layak”. LKPD Tematik berbasis HOTS untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dinyatakan efektif, hal ini dilihat dari uji One-Sampel Statistics memperoleh nilai rata-rata sebelum menggunakan LKPD, yaitu 73,63 dan sesudah menggunakan LKPD, yaitu 82,59. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD Tematik berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dinyatakan valid, praktis, dan efisien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:29
Last Modified: 12 Oct 2020 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item