Implementasi Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan

Khairuddin, Khairuddin (2020) Implementasi Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI UTUH (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi 1) Inovasi pada perencanaan pembelajaran dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan 2) Inovasi pada pelaksanaan pembelajaran dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam MAN 2 Model Medan, 3) Inovasi pada pengawasan pembelajaran dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam di MAN 2 Model Medan, 4) Inovasi pada evaluasi pembelajaran dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam di MAN 2 Model Medan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu implementasi 1) Inovasi pada perencanaan pembelajaran di MAN 2 Model Medan dilakukan berdasarkan rapat yang diselenggarakan setiap tahun untuk merencanakan kegiatan strategis berbagai program, adapun inovasi perencanaan pembelajaran yang disusun dituangkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu dengan ditambahkan materi berkaitan dengan peduli lingkungan dan diterapkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media dan metode yang variatif, 2) Inovasi pada pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di MAN 2 Model Medan berpedoman kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, sedangkan pelaksanaan pembelajaran dilakukan di dalam kelas, dan di luar kelas dan terintegrasi dengan kegiatan atau program ekstrakurikuler, 3) Inovasi pada pengawasan pembelajaran di MAN 2 Model Medan dilakukan berdasarkan pengawasan manajemen dari atasan kepada bawahan, dimulai dari wakil kepala madrasah lalu turun kepada guru mata pelajaran. Permasalahan yang terkait dengan internal siswa dalam proses pembelajaran, maka wewenang untuk menyelesaikan diberikan kepada guru Bimbingan dan Konseling. Adapun yang terkait dengan masalah kedisiplinan dan ketertiban ada pihak keamanan sekolah (security), 4) Inovasi pada evaluasi pembelajaran dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan dilakukan dengan mengimplementasikan ulangan secara rutin dan terjadwal, tidak hanya dalam bentuk angka saja, akan tetapi juga dalam bentuk evaluasi pengamalan beragama siswa di lingkungan masing-masing

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Implementasi, Manajemen Pembelajaran.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Sep 2020 04:00
Last Modified: 25 Sep 2020 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9560

Actions (login required)

View Item View Item