Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabanjahe

Nasution, Tua Panggabean (2013) Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabanjahe. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
coper .pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anbstraksi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BACAAN.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Mengetahui perencanaan, penerapan, pengawasan dan evaluasi implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di MTsN Kabanjahe. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, para guru, siswa, orang tua siswa, pengurus komite madrasah MTsN Kabanjahe dan pengawas pendidikan madrasah di Kabanjahe. Selain itu dipergunakan pula dokumen, meliputi hasil-hasil rapat, hasil belajar siswa, kondisi sarana prasarana. Data ini dipergunakan untuk melengkapi hasil wawancara dan pengamatan terhadap tempat dan peristiwa. Tempat dan peristiwa, peneliti memperoleh data antara lain meliputi proses belajar mengajar, proses pengambilan keputusan, rapat-rapat dewan guru, rapat-rapat pengurus komite madrasah, s IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI osialisasi dan pengelolaan program serta proses pengelolaan kelembagaan. Berdasarkan data lapangan dan analisis penelitian ini, ditemukan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah pada MTsN Kabanjahe sebagai berikut: 1. Perencanaan Peningkatan Mutu di MTsN Kabanjahe terlebih dahulu melakukan identifikasi untuk melihat potensi dan kesiapan madrasah dalam implementasi Mutu Berbasis Sekolah berdasarkan analisis SWOT. Sehingga efektivitas Mutu Berbasis Sekolah yang dilakukan dapat diperhitungkan segala konsekuensi dan solusinya, karena perencanaan yang baik merupakan salah satu unsur utama penentu keberhasilan tujuan suatu organisasi. Proses ini juga melibatkan seluruh unsur di lingkungan madrasah, dari komite madrasah, kepala madrasah, pembantu kepala madrasah dan unsur dewan guru. Hal ini diharapkan dapat menunjang kegiatan-kegiatan dan upaya yang akan dilaksanakan secara efektif dan efesien dalam nemcapai tujuan organisasi MTsN Kabanjahe. 2. Pengorganisasian pengorganisasian Sumberdaya dalam Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah pada MTsN Kabanjahe memakai prinsip berkeadilan, dengan maksud pembagian tugas dilakukan berdasarkan kapasitas atau Job Discription, pengembangan beban kerja dan pengembangan mekanisme kerja, yaitu dengan pengkelompokan komponen Mutu Berbasis Sekolah, pembentukan struktur wewenang, merumuskan dan menetapkan metode prosedur dan penyedia fasilitas Mutu Berbasis Sekolah berdasarkan perencanaan yang sudah disepakati. Hal ini mendukung proses implementasi Mutu Berbasis Sekolah menuju kepada peningkatan mutu pendidikan. Sehingga proses pengorganisasian MTsN Kabanjahe akan terlaksana dalam konteks kebersamaan yang harmonis. 3. Pelaksanaan Rencana Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah pada MTsN Kabanjahe seorang kepala madrasah melakukan supervisi dengan tujuan untuk membantu guru merencanakan dan mengatasi kesulitan yang di hadapi. Dengan cara itu, guru akan merasa di dampingi sehingga dapat meningkatkan semangat kerjanya demi peningkatan mutu pendidikan. 4. Pengawasan Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah pada MTsN Kabanjahe berfungsi sebagai tolak ukur menentukan kebijakan MTsN Kabanjahe di masa yang akan datang. Evaluasi yang digunakan meliputi jangka pendek dan jangka panjang dan berkesinambungan. Komponen-komponen Mutu Berbasis Sekolah yang menjadi perhatian di MTsN Kabanjahe dalam konteks, input, proses, output, dan outcome. Intinya: memastikan pelaksanaan pekerjaan sesuai rencana, sehingga menghasilkan perencanaan tertentu dan terjalin intruksi dan wewenang dari atasan kepada bawahan. Dari hasil evaluasi tersebut maka akan dapat diperoleh tingkat keberhasilan dan kegagalannya, sehingga dapat memperbaiki kinerja program yang akan datang.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 Oct 2016 09:29
Last Modified: 31 Oct 2016 09:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item