Resistansi Tradisi Kitab Kuning Pada Madrasah Al Washliyah Di Sumatera Utara

Harahap, Muhammad Riduan (2019) Resistansi Tradisi Kitab Kuning Pada Madrasah Al Washliyah Di Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF DISERTASI MUHAMMAD RIDUAN HARAHAP-converted.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lengkap tentang dasar-dasar epistemologis, latar belakang sosial-keagamaan, dan bentukbentuk resistansi tradisi kitab kuning pada madrasah Al Washliyah di Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dari segi pendekatan, penelitian ini menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif. Ide pentingnya adalah bahwa peneliti berangkat ke ‘lapangan’ untuk mengadakan pengamatan tentang fenomena resistansi tradisi kitab kuning pada madrasah Al Washliyah di Sumatera Utara. Temuan penelitian, yaitu: Pertama, Resistansi tradisi pembelajaran kitab kuning di madrasah-madrasah Al Washliyah bertolak dari pikiran-pikiran epistemologis berikut; (a). Pemikiran tentang keutamaan ilmu agama (b). Penguasaan Kitab Kuning Sebagai Kriteria Utama Ulama, (c). Bahwa kitab kuning sebagai bagian dari sibgah (ciri khas) Al Washliyah; (d). Konsekwensi dari pengikatan diri pada Aliran Ahl al-Sunnah Wa al-Jamâ’ah dan mazhab Syafi’i; dan (e). Pikiran keyakinan pada hasil-hasil Ijtihad ulama-ulama terdahulu, Kedua, Upaya resistansi tradisi pembelajaran kitab kuning di madrasahmadrasah Al Washliyah dilatar belakangi oleh faktor sosial-religious dengan beberapa variable yaitu; (a). Adanya upaya pendangkalan materi pelajaran ilmu agama (b). Terjadinya krisis ulama; (c). Muncul dan semakin berkembangnya aliran-aliran pemikiran atau paham-paham keagamaan; dan (d). Adanya dampak negatif perkembangan teknologi internet. Ketiga, Bentuk-bentuk resistansi tradisi pembelajaran kitab di madrasah Al Washliyah beragam yaitu; (a) Konsisten mempertahankan kurikulum diniyah Al Washliyah 100 % dan menolak untuk menerapkan kurikulum Departemen Agama; (b). Melakukan modifikasi kurikulum, dimana madrasah Al Washliyah menerima kurikulum Departemen Agama, tetapi dengan merekayasa materi/bahan ajar di lapangan; (c) Menerapkan pembelajaran dengan memadukan kurikulum diniyah Al Washliyah dan kurikulum Departemen Agama dengan perbandingan porsi 70 % kurikulum diniyah dan 30 % kurikulum Departemen Agama, begitu juga pada madrasah yang lain perbandingannya 50 % kurikulum diniyah dan 50 % kurikulum Departemen Agama; (d). Mengembangkan program-program ekstrakurikuler (e). Menjalankan Program Pengajian Rutin Peningkatan Kualitas Penguasaan Kitab Kuning Tenaga Pendidik/Guru; (f). Menjalankan Program Imtihan Umûmî; dan (g). Menjalankan Program Rutin Olimpiade Nahu-Saraf Madrasah Al Washliyah se Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:44
Last Modified: 09 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item