Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA materi manusia dan lingkungan dengan menggunakan strategi pembelajaran SAVI di SDN 106158 Pematang Johar kecamatan Labuhan Deli kabupaten Deli Serdang

Sutinah, Ruji (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA materi manusia dan lingkungan dengan menggunakan strategi pembelajaran SAVI di SDN 106158 Pematang Johar kecamatan Labuhan Deli kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi full kosong.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui. 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran SAVI, 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran SAVI, 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran SAVI. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN 106158 Pematang Johar. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 31 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1)Hasil belajar siswa sebelum digunakan strategi pembelajaran SAVI belum memuaskan dimana hanya 8 siswa (26%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 5,2. 2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran SAVI pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 20 siswa (65%) dengan nilai rata-rata 7,1. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat lagi, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa (96%) dengan nilai rata-rata 8,6. 3) Berdasarkan hal di atas, strategi pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Manusia dan Lingkungan pada siswa kelas V di SDN 106158 Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran SAVI, dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:15
Last Modified: 27 Oct 2020 05:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item