Etika Pendidik Dalam Perspektif Imam Al-Nawawî

Salminawati, Salminawati (2016) Etika Pendidik Dalam Perspektif Imam Al-Nawawî. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40 (2). pp. 288-307. ISSN 2502-3616

[img] Text
259

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
8781 - Etika Pendidik dalam Perspektif Imam an-Nawawi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya adalah kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional juga menegaskan urgensi penanaman karakter oleh pendidik terhadap peserta didik, sehingga para pendidik pun dituntut memiliki karakter yang telah ditetapkan. Artikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam. Di antara fukaha di dunia Islam, Imam al-Nawawî telah memberikan ulasan tentang etika pendidik dalam Islam. Berdasarkan analisis isi terhadap karya Imam al-Nawawî, ditemukan bahwa seorang pendidik Muslim dituntut memiliki etika yang harus dipahami dan diamalkan dalam proses pembelajaran, yang terdiri atas etika pendidik dari aspek kepribadian, etika pendidik dari aspek kegiatan ilmiah, dan etika pendidik dari aspek penyampaian pembelajaran. Artikel ini telah menegaskan bahwa khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya, dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 11 May 2020 06:54
Last Modified: 20 Jul 2020 11:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item