Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Arab

Nasution, Sahkholid and Zulheddi, Zulheddi (2019) Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Arab. In: The Dynamic of Islamic Education in South East Asia. PERDANA PUBLISHING, Medan, pp. 701-715. ISBN 978-623-7160-00-0

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Internasional - Sahkholid Nasution, Zulheddi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemelajaran bahasa Arab, baik keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis di berabagai jenis dan jenjang pendidikan masih berfokus pada nahwu. Imlikasinya pemelajaran menjadi monoton, kurang kontekstual, kurang menarik, kurang interaktif, dan kurang komunikatif. Langkah yang dapat dimbil adalah pengajar/guru/dosen harus dapat menampilkan pelajaran bahasa Arab dengan metode dan strategi yang menarik. Tulisan ini mendeskripsikan sejumlah metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab yang dianggap tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis peserta didk dalam bahasa Arab. Tulisan ini bersifat konseptual dengan metode deskriptif analisis. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ditemukan sejumlah strategi aktif dalam pemelajaran membaca bahasa Arab yaitu Strategi Mencari Pasangan, Strategi Kepala Bernomor, Strategi Jigsaw, dan Strategi Mengurutkan Cerita/Teks. Sementera sejumlah strategi aktif dalam pemelajaran maharah kitabah adalah Mengisi Pesan Gambar, Variasi, Menulis Kenangan, dam Menulis Pengalaman Mengerikan.

Jenis Item: Bagian dari buku
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic (Bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:00
Last Modified: 27 Jan 2020 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item