Ulfha, Mariani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Di MIN 02 Medan Labuhan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
ULFA SIAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui 1. Minat Belajar siswa menggunakan Model RME, 2. Minat Belajar siswan tanpa penggunaan Model RME serta 3. Pengaruh positif terhadap Model pembelajaran RME dengan Minat Belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV MIN 02 Medan Labuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasy Eksperimen (kuanti eksperimen). Penelitian ini menggunakan dua kelas di MIN 02, yaitu IV-A dan IV-B subjek penelitian 27 siswa yang di ajarkan dengan penerapan Model Ralistic Mathematic Education di Kelas IVA dan yang di ajarkan menggunakan model Konvensional di kelas IVB subjek penelitian 28 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan menggunakan model RME untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas eksperimen mendapat respon positif 17 siswa mendapat nilai tertinggi, 6 siswa sedang, dan 4 siswa terendah. Siswa yang tidak mendapatkan perlakuan model mendapatakan kriteria penilaian minat belajar 2 siswa mendapatkan nilai tertinggi, 11 siswa mendapatkan nilai sedang, dan 15 siswa mendapatkan nilai terendah. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Ralistic Mathematic Education. Berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 dimana diperoleh thitung 6,80 > ttabel1,67 sehingga terdapat pengaruh positif Model RME terhadap Minat belajar siswa di kelas IV MIN 02 Medan Labuhan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 02:59 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 02:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8100 |
Actions (login required)
View Item |