Problematika Tugas Perkuliahan Kurikulum Berbasis KKNI Bagi Mahasiswa Prodi PAI FITK UINSU Medan

Dasopang, Wahyuni Apriliani (2019) Problematika Tugas Perkuliahan Kurikulum Berbasis KKNI Bagi Mahasiswa Prodi PAI FITK UINSU Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Wahyuni Apriliani Dasopang PAI 31153110.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi kurikulum berbasis KKNI di Prodi PAI FITK UIN SU Medan, persepsi mahasiswa Prodi PAI tentang implementasi kurikulum berbasis KKNI di Prodi PAI FITK UIN SU Medan, dan problematika tugas perkuliahan kurikulum berbasis KKNI bagi mahasiswa Prodi PAI FITK UIN SU Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitiannya yaitu mahasiswa Prodi PAI FITK UIN SU dan informannya adalah dosen pengampu mata kuliah di Prodi PAI FITK UIN SU Medan termasuk Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan Staf Prodi PAI FITK UIN SU Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum berbasis KKNI di Prodi PAI FITK UIN SU sudah dilakukan dengan baik terlihat dari perencanaan yaitu sosialisasi KKNI untuk dosen dan mahasiswa saat PBAK masa orientasi mahasiswa baru, rapat awal semester untuk dosen sebelum masuk perkuliahan, RPS dosen sesuai KKNI, pelaksanaan saat perkuliahan yaitu kontrak perkuliahan dan kesepakatan tugas KKNI yang harus diselesaikan mahasiswa, dan evaluasi meliputi penilaian dosen dan monitoring prodi dengan absen rahasia dosen yang diberikan ke kosma-kosma PAI, revisi RPS dosen, dan angket online kepuasan dosen oleh mahasiswa di akhir semester. Persepsi mahasiswa prodi PAI FITK UIN SU Medan tentang implementasi kurikulum berbasis KKNI di prodi PAI FITK UIN SU Medan yaitu persepsi yang menyatakan bagus, bagus sebagai pergantian sistem, bagus tapi memberatkan, membebani dan memberatkan, sama saja dengan tugas SMA. Problematika tugas perkuliahan kurikulum berbasis KKNI bagi mahasiswa prodi PAI FITK UIN SU Medan yaitu segi waktu, segi proses meliputi niat mengerjakan, kelompok yang malas, sumber referensi, kesulitan tugas, format sistematika, penguasaan teknologi, kemudian sarana prasarana, dan segi ekonomi/pendanaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:40
Last Modified: 14 Jan 2020 02:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8026

Actions (login required)

View Item View Item