Nursahfitri, Hayatunnisa (2019) Strategi Pembelajaran Insya’ Muwajjah Di MAS Nurul Hakim tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI FULL NISA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu rangkaian yang penting dalam serangkaian proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran berhubungan langsung dengan pemilihan kegiatan pembelajaran yang dipandang efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar untuk mencapai kompetensi dasar dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Insya’ Muwajjah adalah dengan cara memberikan strategi yang tepat untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Insya’ Muwajjah di MAS Nurul HakimTembung. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Nurul HakimTembung, adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Pengumpulan data diperoleh dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diakukan penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Strategi yang digunakan dalam pembelajaran Insya’ Muwajjah adalah strategi keterampilan bahasa yang dikelompokkan menjadi lima keterampilan, yaitu keterampilan membaca, berbicara, menulis, mendengarkan dan tata bahasa (Qawaid). (2) Kelebihan dari penelitian ini adalah siswa dapat melatih dan memperbaiki keterampilan dalam memperdalam keterampilannya peraturan yang ada dalam pembelajaran ini, dan kelemahan yang terjadi adalah siswa yang tidak fokus ketika guru menjelaskan materi sehingga siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tentang apa yang diberikan guru kepada siswa. Yang menyebabkan siswa tidak mencoba menipu dengan teman-teman mereka. (3) Masalah yang terjadi di sekolah adalah kurangnya minat siswa dalam pengajaran Insya’, serta latar belakang sekolah siswa yang berbeda (latar belakang pesantren dan sekolah umum).
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:13 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7894 |
Actions (login required)
View Item |