Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Ibrahim AS (Analisis QS. Al-An'am Ayat 74-81 Dan Al-Anbiyâ 51-70)

Sutomo, Rahman (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Ibrahim AS (Analisis QS. Al-An'am Ayat 74-81 Dan Al-Anbiyâ 51-70). Masters thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis rahman sutomo pasca PEDI..pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji kandungan nilai-nilai pendidikan Islam pada kisah Nabi ibrahim As dalam surah Al-an'am ayat 74 hingga 81 dan surah Al-Anbiyâ ayat 51 hingga 70. Kedua kisah tersebut memiliki hubungan tematik dari pesan yang dibawanya. Jika pada pada surah Al-an'am ayat 74-81, Nabi Ibrahim menemukan kehadiran Tuhan dengan mengamati tanda-tanda di alam maka pada surah Al-Anbiyâ ayat 51-70, nabi Ibrahim As menyampaikan petunjuk tentang kehadiran Tuhan kepada kaumnya dengan cara berdiskusi kepada kaumnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Studi Pustaka. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian studi pustaka yang menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan Metode Tahlili. Dari hasil penelitian ini menunjukan Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Ibrahim As surah Al-an'am ayat 74-81 mengajarkan sebagai berikut : 1. Nilai Aqidah. Allah maha kekal tidak akan memiliki sifat "tenggelam" yang artinya tidak akan meninggalkan makhluknya dan maha mengawasi akan selalu ada bagi makhluknya, Allah maha memberi petunjuk bagi makhluknya, Allah maha esa sehingga tidak layak Allah dipersekutukan. 2. Nilai akhlak. Akhlak kepada Allah(habluminallah) : jika Allah memberi petunjuk kepada hambanya dan menjawab doa, maka sudah kewajiban bagi hambaNya untuk menerima petunjuk dan bimbinganNya serta tidak mendurhakainya. Sedangkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah nabi Ibrahim as pada surah Al-Anbiyâ ayat 51-70, sebagai berikut: 1. Nilai Aqidah, Berhala tidak layak dianggap sebagai tuhan karena berhala itu tidak bisa melindungi dirinya dari dihancurkan orang sehingga bagaimana mungkin berhala bisa melindungi penyembahnya. Berhala bahkan tidak bisa memberi tahu siapa yang telah menghancurkan dirinya sehingga berhala itu sendiri juga tidak bisa memberi petunjuk kepada penyembahnya, 2.Nilai Ukhuwah(habluminannas), Akhlak yang ditampilkan dalam kisah Nabi Ibrahim As adalah akhlak yang mulia baik dalam menghadapi ayahnya yang kafir dan menghadapi kaumnya yang kafir. Beliau tidak bermusuhan dengan ayahnya bahkan beliau mendoakan ayahnya. Beliau mengajak berdialog kaumnya dalam menyampaikan kebenaran. Nilai ukhuwah disini adalah ukhuwah insaniyah, 3.Nilai pendidikan berdiskusi, Nabi Ibrahim As dalam menyampaikan kebenaran dan meluruskan kekeliruan kaumnya dalam beribadah dengan cara berdialog memakai logika dan gaya persuasif.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Additional Information: surah Al-an'am, surah Al-Anbiyâ, Nabi Ibrahim, nilai, pendidikan, aqidah, akhlak, ukhuwah.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:45
Last Modified: 23 Dec 2019 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item