Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VIII MTs Al Hasanah Medan

Parapat, Ilham Karim (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VIII MTs Al Hasanah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILHAM KARIM PARAPAT PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Al Hasanah Medan pada mata pelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode students teams achievement divisions (STAD), 2) hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Alhasanah Medan pada mata pelajaran Akidah Akhlak setelah menggnakan model pembelajaran kooperatif dengan metode Student teams Achivement Divisions ( STAD). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan untuk tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui metode student teams achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Hasanah Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII dengan jumlah siswa 24 siswa/I yang terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, melalui penggunaan metode student teams achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII MTS Al Hasanah medan. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode student teams achievement Divisions (STAD) hasilnya dari 24 jumlah siswa hanya 3 orang siswa (12. 50 %) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan dari pre test diperoleh nilai rata-rata kelas 45% mendapatkan nilai yang rendah. Pada siklus I, guru memberikan post test diperoleh dari 24 ju,lah siswa 10 siswa (41. 67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 14 orang siswa (58. 33%) belum m,encapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan dengan nilai rata-rata kelas 65.83. pada siklus II anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat membaik, terlihat dari nilai rata-rata kelas mencapai 83.33%, dari 24 jumlah siswa hanya terdapat 4 orang (16. 67%) yang mendapat hasil belajar yang belum tuntas, sedangkan hasil belajar siswa yang mencapai syarat ketuntasan sebanyak 20 orang siswa (83. 33%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran student teams achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas VIII MTs Al Hasanah Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Dec 2019 00:56
Last Modified: 20 Dec 2019 00:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7768

Actions (login required)

View Item View Item