Hubungan Gaya Belajar Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan

Khairani, Ulfa (2019) Hubungan Gaya Belajar Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS ULFA KHAIRANI PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1)hubungan gaya belajar dengan kemampuan siswa menghafal Al-Qur‟an di kelas XIPS MAN 2 Model Medan, (2) hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa menghafal Al-Qur‟an di kelas X IPS MAN 2 Model Medan, dan (3) hubungan gaya belajar dan kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa menghafal Al-Qur‟an di kelas X IPS MAN 2 Model Medan. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas X yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 186. Sampel sebesar 20% dari siswa yang berjumlah 186 yaitu 37,2 dibulatkan 37 siswa yang diambil secara acak (random sample). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan angka korelasi 0,666 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 85,71 + 0,55X, (2)terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan angka korelasi 0,307 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 82,61 + 0,24X dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dan kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur‟andengan angka korelasi 0,661 dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 51,64+ 0,27X1 + 0,15X2. 2. Sumbangan yang efektif sebesar variabel gaya belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an adalah 18,40%, sedangkan sumbangan efektif variabel kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur‟an adalah 7,02%. 1

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:08
Last Modified: 18 Dec 2019 02:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item View Item