Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan

Dalimunthe, Saima Sakilah (2019) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TesisSaima Sakilah Dalimunthe. doc.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas satu problem kronis bangsa yang saat ini sedang membutuhkan upaya penyelesaian secara mendesak yakni tindakan kurupsi. Upaya yang dilakukan dalam menekan tindakan korupsi dimasa depan adalah melalui penerapan nilai-nilai pendidikan antikorupsi. Pendidikan ditempatkan pada posisi yang strategis. Penerapan nilai-nilai Pendidikan antikorupsi melalui pembelajaran adalah penanaman nilai-nilai kehidupan manusia sebagai makhluk berakhlak dan bermoral, tetapi kenyataanya banyak sekali kasus yang sangat bertolak belakang dengan akhlak dan moral yang baik. Seperti pelaku korupsi banyak yang berasal dari basic agama yang kuat. Fenomena tersebut yang menjadi permasalahan pada penilitian ini, bagaimana niai-niai pendidikan antikorupsi terintegrasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran, apa kendala yang dihadapi dan saran dari implementasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terkandung pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan dan untuk mengetahui kendala dan solusi dari implementasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala, guru bidang studi Aqidah Akhlak dan peseta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari situlah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terkandung dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan adalah kejujuran, keadilan, tanggung jawab dan amanah, kerja keras, istikomah dan ikhlas. Implementasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran dilakukan dengan menekan nilai-nilai tersebut ketika menjelaskan, memberikan wawasan terkait materi-materi antikorupsi kepada peserta didik di sela-sela materi pembelajaran sebagai pengantar yang bersifat hidden curriculum (kurikulum tersembunyi), sehingga termasuk di dalamnya adalah nilai keteladanan, sikap dan pembiasaan. Kendala dalam penelitian ini yakni cara menertibkan dan memahamkan peserta didik secara keseluruhan tentang pembelajaran yang diajarkan dan solusinya guru harus memahamkan berkali-kali dan berulang-ulang. Dan menyadarkan peserta didik yang bandel di kelas, karena menye-pelekan pelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:08
Last Modified: 18 Dec 2019 02:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7731

Actions (login required)

View Item View Item