Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Ta’bir Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan.

Ernitha, Ernitha (2012) Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Ta’bir Di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Metode Sosiodrama dalam pembelajaran Ta’bir di Ma’had Abu Ubaidah Bin Aljarrah, Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Abu Ubaidah Bin Aljarrah Medan, dengan pendekatan Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumen dan angket. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan kemampuan mahasiswa dalam menta’bir Bahasa Arab, mengetahui pembelajaran Ta’bir dan penggunaan Metode Sosiodrama dalam pembelajaran Ta’bir di Ma’had Abu Ubaidah Bin Aljarrah, Medan. Hasil Penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: Penguasaan siswa di Ma’had Abu Ubaidah Bin Aljarrah Medan dalam menta’bir bahasa Arab baik, bahkan sangat berpengaruh terhadap kemahiran berbicara dengan bahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode yang digunakan guru, kemahiran guru dalam berbahasa Arab dan lingkungan bahasa Arab yang baik. Pembelajaran Ta’bir di Ma’had Abu Ubaidah Bin Aljarrah Medan dilakukan setiap hari. Fokus pembelaran ta’bir di kelas Persiapan( Tamhidi ) hingga kelas dua adalah Ta’bir Syafawi yaitu bertujuan sebagai pembekalan dan pembiasaan bahasa. Sedangkan untuk kelas tiga dan kelas empat difokuskan pada Ta’bir Tahriri yaitu bertujuan agar mahasiswa mampu mengungkapkan ide mereka dalam bentuk tulisan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Penggunaan Metode Sosiodrama dalam pembelajaran Ta’bir di Ma’had Abu Ubaidah Bin Aljarrah Medan sangat baik, dan ia cocok digunakan pada kelas Persiapan hingga kelas empat. metode ini membantu meningkatkan kemampuan menta’bir mahasiswa, menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat mereka dalam berbahasa arab yang fashih dan baik. Dan metode ini juga dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:04
Last Modified: 18 Dec 2019 02:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7699

Actions (login required)

View Item View Item