Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam buku La Tahzan karya Aidh Al-Qorni.

Harahap, Nurhasanah (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam buku La Tahzan karya Aidh Al-Qorni. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Other (pdf)
SKRIPSI_NURHASANAH_HARAHAP_.PDF

Download (844kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah penelitiain ini bertujuan 1) Untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam yang terdapat dalam Buku La Tahzan, dan 2) Untuk mengetahui Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Buku La Tahzan di dalam kehidupan sekarang. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriktif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Content Analysis. Penerapan metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran Aidh Al-Qorni. Metode ini untuk mengetahui keragka berfikir Aidh Al-Qorni. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku La Tahzan, yaitu: keimanan, tawakal, anjuran taubat dan kusnudzhon. Selain aspek pendidikan Islam dalam buku La Tahzan juga terdapat nilai psikologis yang sangat penting yaitu rasa percaya diri dan motivasi untuk selalu mencintai ilmu. Sementara relevansinya di dalam pendidikan saat ini yang serba globalisasi yaitu minimnya tingkat keimanan, ketakwaan, taubat dan khusnudhzon. Paling tidak adanya dengan pembahasan ini dapat di jadikan tolak ukur dan dapat di aktualisasikan kedalam dunia pendidikan Islam secara kongkrit dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:42
Last Modified: 12 Dec 2019 06:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7631

Actions (login required)

View Item View Item