Pengaruh Model Pembelajaram Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V MIS Al-Quba Kec Medan Denai

Dianita, Nur Anazmy (2018) Pengaruh Model Pembelajaram Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V MIS Al-Quba Kec Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Pegaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Al-Quba Kecamatan Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di MIS Al-Quba, Medan Denai. Sampel ditentukan melalui teknik total sapling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VB Sebagai kelas Eksperimen (dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning) dan di kelas VA sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran Konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang dikumulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial(uji-t). Temuan penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIS Al-Quba pada kelas eksperimen (VB), yangb diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memperoleh nilai rata-rata 82,333, dan hasil belajar siswa kelas kontrol kelas VA yang memperoleh nilai rata-rata 70,5. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,035>1,671 (n=30) dengan tariff signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V di MIS Al-Quba, Medn Deanai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Nov 2019 09:26
Last Modified: 29 Nov 2019 09:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7467

Actions (login required)

View Item View Item