Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran PKN Materi Bentuk Persatuan Dalam Keragaman Di Rumah Tahun Ajaran 2017/2018

Pohan, Ahir Tua (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran PKN Materi Bentuk Persatuan Dalam Keragaman Di Rumah Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ahir Tua Pohan.pdf

Download (914kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan kepada rendahnya hasil belajar siswa tentang pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi bentuk persatuan dalam keragaman di rumah di kelas V MIS.H.M. HEFNI dengan nilai rata-rata kelas pada tes awal adalah sebesar 51,85 dimana siswa yang berhasil mencapai ketuntasan adalah 14 orang siswa 48,15 %. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi bentuk persatuan dalam keberagaman di rumah dengan menggunakan strategi jigsaw pada kelas V MIS H.M.HEFNI. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dan dilaksanakan dalam 2 siklus,masing-masing siklus,masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS H.M.HEFNI,dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Dari hsil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar pendidikan kewarganegaraan materi bentuk persatuan dalam keragaman di rumah meningkat.pada siklus satu nilai rata-rata kelas sebesar 59,07 dan jumlah siswa yang berhasi mencapai kreteria ketuntasan sebanyak 14 orang siswa atau sebesar 48,15% Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelasa meningkat menjadi 74,07 dengan jumah siswa yang berhasil mencapai kriteria tuntas adalah 20 siswa atau sebesar 74,07% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi jigsaw ini terbukti efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran ssiswa dalam belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 22 Nov 2019 08:06
Last Modified: 22 Nov 2019 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item