Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Alquran (Studi Analisis Tafsir Al-Maraghi)

Siregar, Rahmayani (2018) Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Alquran (Studi Analisis Tafsir Al-Maraghi). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
DATA TESIS RAHMAYANI OKE-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan multikultural melalui tafsir Alquran al-Maraghi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu tafsir al-Maraghi. Penafsiran pada tafsir ini menggunakan metode tafsir Maudhu’i. Teknik analisis data meliputi analisis isi (Content Anlysis) dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai-nilai pendidikan multikultural tersebut antara lain; 1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Demokrasi/Kebebasan, 3) Nilai Persamaan/Kesetaraan, 4) Nilai Keadilan. Adapun keempat nilai tersebut dilihat dari aspek Alquran terdapat pada Q.S. al-Hujurat:13, Q.S. al-Baqarah ayat 213 dan 256, Q.S. an-Nisa ayat 1 dan 58, dan Q.S. al-kafirun: 1-6. Menurut analisis peneliti terhadap tafsir al-Maraghi, salah satu pemicu kekisruhan yang terjadi dalam interaksi sosial adalah sikap mengolok-olok terhadap orang lain, maka sangat dibutuhkan sikap toleransi agar mampu hidup dengan rukun dan humanis.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 22 Nov 2019 08:06
Last Modified: 22 Nov 2019 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item