Peranan kemampuan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah aliyah negeri Kisaran

Minata, Ridho (2018) Peranan kemampuan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah aliyah negeri Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
ISI SEKRIPSI RIDHO MINATA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN Kisaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan di MAN Kisaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : (1) wawancara (interview), (2) pengamatan terlibat (observation participation), dan(3)dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik snowballsampling. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diorganisir, ditafsirkan,dan dianalisis dalam kasus (within analysis) maupun analisis lintas kasus (crosscase analysis). Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, verifikasidata/cross check, dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dicapai melalui pengauditan oleh para pembimbing. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perencanaan kepala madrasah dalammeningkatkan profesionalisme guru di MAN Kisaran dilaksanakan dengan rapat dan melibatkan komponen madrasah seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru-guru. Seluruh komponen ini saling bekerjasama dalam merencanakan program kerja yang akan dilaksanakan guna meningkatkan profesional guru di MAN Kisaran; (2) pengorganisasian kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN Kisaran dilaksanakan dengan membuat struktur organisasi dan melakukan pembagian uraian tugas secara sederhana. Pembagian tugas pokok dan fungsi diberikan sesuai dengan kemampuan personal, pengalaman yang pernah dilakukan serta lama pengabdian terhadap madrasah; (3) pelaksanaan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN Kisaran dilakukan setelah proses perencanaan dan pengorganisasian. Kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru-guru telah merealisasikan berbagai program kerja, seperti pelaksanaan MGMP di awal tahun ajaran baru dan semester, pelatihan Kurikulum 2013, workshop bagi guru, dan pelatihan IT; (4) pengawasan pelaksanaan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dilakukan roleh kepala madrasah. Bentuk pengawasan yang dilakukan dengan mengadakan rapat evaluasi, pengecekan daftar hadir melalui finger print, monitoring baik menggunakan CCTV ataupun secara langsung, dan supervisi bagi guru-guru di MAN Kisaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 21 Nov 2019 00:56
Last Modified: 21 Nov 2019 00:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7290

Actions (login required)

View Item View Item