Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII MTs Al Washliyah Medan Pada Materi SPLDV Tahun Pelajaran 2016/2017

Rafsanjani, Muhammad (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII MTs Al Washliyah Medan Pada Materi SPLDV Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAFSANJANI, PMM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas VIII MTs Alwashliyah Medan. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, dikarenakan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika di kelas VIII MTs Alwashliyah Medan khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan 2 tes yaitu pretest dan posttest. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah perkelas 30 orang. Setelah memberikan pretest maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 48,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55,00. Sedangkan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen maka diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,8 dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol sebesar 76,7. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa dan merekomendasikan para pelaksana pembelajaran untuk mengajarkan materi dengan mengembangkan model pembelajaran kontekstual.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kontekstual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:08
Last Modified: 18 Nov 2019 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7271

Actions (login required)

View Item View Item