Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri TanjungBalai.

Hasibuan, Merry Andriany (2019) Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri TanjungBalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MERRY ANDRIANY HASIBUAN TESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program bimbingan dan konseling yang melingkupi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan/evaluasi program di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungbalai. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mengumpulkan data, informasi dan keterangan yang ditemukan dari lapangan dengan mengamati keadaan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yang memiliki latar belakang pendidikan bimbingan dan konseling. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini melibatkan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bagian Kurikulum, Guru Bimbingan dan Konseling serta Peserta Didik sebagai informan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles and Hubberman sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan belum terlaksana dengan baik hal ini ditunjukkan dengan program bimbingan dan konseling yang tidak berdasarkan dengan analisis kebutuhan peserta didik, 2. Pengorganisasian terlaksana cukup baik dengan adanya pembagian tugas kerja, namun dalam pembagian tersebut rasio guru bimbingan dan konseling tidak sesuai dengan jumlah peserta didik, 3. Pelaksanaan kegiatan belum terlaksana dengan baik disebabkan banyaknya mata pelajaran di tingkat madrasah sehingga tidak adanya alokasi waktu untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling, namun dalam pelaksanaannya dilaksanakan secara insidental atau dengan berkoordinasi dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan, 4. Pengawasan/evaluasi tidak terlaksana dengan baik disebabkan tidak adanya pengawas bimbingan dan konseling di tingkat madrasah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu agar pihak madrasah lebih memahami kegiatan bimbingan dan konseling dengan memberikan fasilitas pendukung agar program yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program, Bimbingan dan Konseling.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:49
Last Modified: 15 Nov 2019 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7134

Actions (login required)

View Item View Item