Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Komunikasi Matematis Mengenai Aplikasi Diferensial Kecepatan dan Percepatan Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2018/2019

Adriana, Mustika (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Komunikasi Matematis Mengenai Aplikasi Diferensial Kecepatan dan Percepatan Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUSTIKA ADRIANA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education kelas XI MAS PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAS PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 70 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan ANACOVA, hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Contextual Teaching Learning lebih baik daripada model pembelajaran Realistic Mathematics Education. 3) Kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aplikasi diferensial kecepatan dan percepatan di kelas XI MAS PAB 2 Helvetia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning, Realistic Mathematics Education, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:38
Last Modified: 25 Oct 2019 09:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6957

Actions (login required)

View Item View Item