Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis

Mutia, Sri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Asli.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis yang berjumlah 70 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A dan kelas V-B yang berjumlah 70 siswa. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah 20 soal valid dan 10 soal tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Take And Give lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Take and Give adalah pre test sebesar 54.697dan pos test sebesar 80,152 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 56.892 dan pos test sebesar 73.54. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 5.953 > 1,679 pada tarafα = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri 101870 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:50
Last Modified: 21 Aug 2019 02:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6389

Actions (login required)

View Item View Item