Nirwana, Nujha (2019) Pengaruh Strategi Cooperative Learning Tipe Nht (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sdn 101865 Batang Kuis T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
NUJHA NIRWANA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh strategi Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 101865 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas IV SDN 101865 Batang Kuis. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 101865, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT adalah 82,1.Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 77. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh atau 6,33 > 1,67.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 04:12 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 04:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6327 |
Actions (login required)
View Item |