Dewi, Siti Fauziah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Dlps (Double Loop Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Semester Genap Di Min 4 Kota Medan T. A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI PDF (2).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk Pengaruh Model Pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester Genap Di MIN 4 Kota Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Penelitian two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu V-b sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang dan kelas V-c sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument dalam bentuk tes dengan jenis pilihan berganda sebanyak 15 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogentitas dan uji hipotesis uji t satu pihak (one tail test). Nilai rata-rata pre-tes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan eksperimen adalah 55,736 dan 53,068. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol dan eksperimen 76,804 dan 91,2. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel = (6,356 >1,67) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V semester genap di MIN 4 Kota Medan T.A. 2018/2019.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 04:12 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 04:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6324 |
Actions (login required)
View Item |