Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Mtsn 2 Deli Serdang

Tobing, Mai Sarah (2019) Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Mtsn 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MAI SARAH TOBING.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Di dalam setiap siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan alat pengumpulan data angket dan observasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan spiritual quotient siswa kelas VIII di MTsN 2 Deli Serdang. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah 10 siswa dari siswa kelas VIII-4 MTsN 2 Deli Serdang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan spiritual quotient dapat dilaksanakan melalui layanan bimbingan kelompok di setiap siklus yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini menunjukkan dengan peningkatan nilai skor di setiap siklusnya. Pada siklus I perubahan mulai terlihat dengan adanya peningkatan persentase yang diperoleh 60% dan di siklus II mulai berubah lagi dengan peningkatan persentase 80% dengan kriteria berhasil dan kondisi ini telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan spiritual quotient siswa kelas VIII di MTsN 2 Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:16
Last Modified: 09 Aug 2019 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6282

Actions (login required)

View Item View Item