Etika Belajar Mengajar Menurut Imam Al-Ghazali(Kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin)

Fahmi, Ahmad (2018) Etika Belajar Mengajar Menurut Imam Al-Ghazali(Kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
fix burning.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Etika belajar menurut Imam Al-Ghazali (kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin). 2) Etika mengajar menurut Imam Al-Ghazali (kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin). 3) Relevansi etika belajar mengajar menurut Imam al-Ghazali (kajian Kitab Ihya ‘Ulumuddin).Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan yang dapat memberikan tambahan wawasan kepada para pembaca dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan sekolah dalam proses belajar mengajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research, yaitu bentuk penelitian terhadap literature dengan pengumpulan data atau informasi yang berasal dari sumber pustaka seperti, buku, kitab, jurnal dan sebagainya. Teknik pengumpulan data peneitian ini adalah dokumentasi. Selanjutnya uji keabsahan data secara validitas. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dengan memaparkan kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali dan buku-buku yang berkaitan dengan pemikirannya. Kemudian dengan metode analisis konten yang dilakukan dengan pembahasan yang mendalam untuk menginterpretasi dan mengkaji kitab Ihya’ Ulumuddin sebagai bahan primer peneliti. Dalam penelitian ini diungkapkan bahwa dalam proses belajar mengajar sangatlah penting. Seorang murid/ siswa yang sedang menuntut ilmu ataupun belajar haruslah menjaga etika kepada gurunya ketika sedang dalam suasana belajar maupun tidak belajar. Begitu juga sebaliknya, seorang guru dalam menunaikan tugasnya juga harus melakukan perbuatan-perbuatan yang beretika kepada murid/siswanya. Pemikiran Imam al-Ghazali ini sangat relevan dengan pendidikan pada masa sekarang ini yang mana setiap pendidikan mulai menanamkan nilai-nilai etika dalam proses pembelajarannya. Kata Kunci: Etika, Belajar, Mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:50
Last Modified: 08 Aug 2019 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item