Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Make A Match Dan Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Mis Miftahul Fallah Diski

Istiqamah, Istiqamah (2018) Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Make A Match Dan Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Mis Miftahul Fallah Diski. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi energi panas dan energi bunyi melalui model pembelajaran Make A Match dan Demonstrasi di MIS Miftahul Fallah Diski Kab. Deli Serdang. Penelitian merupakan jenis penelitian Quasi Experimental dan desain yang dipilih adalah Pretest Posttest Control Group Desaign. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Probability Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes. Instrument untuk mengukur hasil belajar menggunakan Pre Test dan Post Test yang berbentuk tes objektif. Validitas instrument tes diuji dengan rumus Product Moment dan untuk mengetahui realiabilitasnya diuji dengan rumus KR 20. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan metode Demonstrasi. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis Post Test. Hasil uji hipotesis Post Test menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikasinya adalah (0,000 < 0,05), sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Dimana Ha: ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, antara penerapan model pembelajaran Make A Match dan metode pembelajaran Demonstrasi. Dengan demikian, siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Make A Match memiliki rata-rata nilai yang tinggi yaitu 33,20 dibanding siswa yang menggunakan penerapan metode pembelajaran Demonstrasi yang mempunyai jumlah rata-rata nilai 26,00.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Aug 2019 09:33
Last Modified: 02 Aug 2019 09:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item