Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun (Studi Analisis Kitab Adāb al-Mu’allimīn).

Karlina, Karlina (2019) Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun (Studi Analisis Kitab Adāb al-Mu’allimīn). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun serta relevansi pemikirannya terhadap pendidikan masa kini. Kompetensi kepribadian guru merupakan bekal utama dalam menjalankan tugas secara profesional. Beberapa aspek kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh guru bertujuan agar dapat memperbaiki moral dan etika dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, penelitian ini akan menelaah kitab Adāb al-Mu’allimin yang akan mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis isi (content analysis) yaitu dengan cara menganalisis data tentang kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun dalam kitab Adāb al-Mu’allimīn. Hasil dari penelitian ini bahwa kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun yaitu: menghindari diskriminasi terhadap anak didik karena perbedaan status sosial, berlaku adil, kasih sayang dan lemah lembut, tidak bertindak ketika saat marah/emosi, tidak memberikan hukuman berlebihan, ikhlas karena Allah swt, tidak membebani anak didik dengan suatu hadiah selain gaji yang diterimanya, tanggungjawab, memperhatikan keadaan anak didik, pembinaan akhlak, bertaqwa kepada Allah swt. Di samping itu, relevansi pemikiran Ibnu Sahnun dengan pendidikan masa kini, bahwa adanya kesesuaian antara kompetensi kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun dengan Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan yaitu memiliki kepribadian mantab, stabil, dewasa, arif, bijaksana, menjadi teladan dan berakhlak mulia.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Ibnu Sahnun, Kitab Adāb al-Mu’allimīn.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:02
Last Modified: 30 Jul 2019 02:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6154

Actions (login required)

View Item View Item