Zulfikar, Muhammad (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli Di Kelas X Madrasah Aliyah 1 Stabat Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ZULFIKAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Pembelajaran Agama melalui metode Brainstorming. (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Brainstorming pada siswa kelas X MAN 1 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Stabat Kab. Langkat yang berjumlah 30 Orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih dengan menggunakan metodel Brainstorming materi Jual Beli. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) meningkatnya nilai rata-rata kelas pada saat tes awal sebesar 64,33 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 33,37%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 53,33% dan siklus II nilai rata-rata sebesar 80,66 dengan tingkat ketuntasan belajar 90,00%. (3) meningkatnya hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Brainstorming Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Materi Jual Beli |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 02:50 |
Last Modified: | 20 Jun 2019 02:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5827 |
Actions (login required)
View Item |