Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli Di Kelas X Madrasah Aliyah 1 Stabat Tahun Ajaran 2016-2017

Zulfikar, Muhammad (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli Di Kelas X Madrasah Aliyah 1 Stabat Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ZULFIKAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Pembelajaran Agama melalui metode Brainstorming. (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Brainstorming pada siswa kelas X MAN 1 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Stabat Kab. Langkat yang berjumlah 30 Orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih dengan menggunakan metodel Brainstorming materi Jual Beli. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) meningkatnya nilai rata-rata kelas pada saat tes awal sebesar 64,33 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 33,37%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 53,33% dan siklus II nilai rata-rata sebesar 80,66 dengan tingkat ketuntasan belajar 90,00%. (3) meningkatnya hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Brainstorming Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Materi Jual Beli
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jun 2019 02:50
Last Modified: 20 Jun 2019 02:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5827

Actions (login required)

View Item View Item