Pengembangan Program Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA PAB 6 Helvetia

Audina, Rahmi (2018) Pengembangan Program Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA PAB 6 Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PENUH LENGKAP PDF.pdf

Download (96MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perencanaan program pembelajaran di SMA PAB 6 Helvetia, 2) pelaksanaan program pembelajaran di SMA PAB 6 Helvetia 3) cara meningkatkan kinerja guru di SMA PAB 6 Helvetia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data oleh model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Dalam hal ini subyek penelitiannya yaitu: Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah dan Guru di SMA PAB 6 Helvetia. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Perencanaan program pengembangan pembelajara di SMA PAB 6 Helvetia sudah ditentukan dari pihak sekolah, tetapi memberikan kebebasan dan tanggung jawab penuh terhadap guru untuk mengembangkan program pembelajaran, (2) Pelaksanaan program pembelajaran di SMA PAB 6 Helvetia ini sudah terlaksana dan terselenggara dengan efektik dan efesien karena sudah sesuai aturan yang sudah ditetapkan, (3) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui pengembangan program pembelajaran dapat dilihat melalui upaya pihak sekolah terutama kepala sekolah SMA PAB 6 Helvetia dengan cara diadakannya pelatihan bagi guru-guru yang kinerja nya mulai kurang dan menurun, diadakannya workshop, mengikuti MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran), diberikan motivasi, dan diadakannya musyawarah bersama untuk dapat memberikan solusi yang terbaik bagi peningkatan kinerja guru dalam rangka meningkatkan program pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru sudah mulai menunjukkan hasil yang meningkat terutama dalam pengembangan pembelajaran yang semakin baik dan dapat terlaksana secara efektif dan efesien sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan ini dapat dilihat dari bagaimana pihak sekolah terutama kepala sekolah melakukan upaya untuk peningkatan kinerja guru dan memberikan keleluasaan dan tanggung jawab penuh terhadap guru untuk mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kriteria peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 17 Jun 2019 08:07
Last Modified: 18 Jun 2019 07:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item