Hasibuan, Semiana (2015) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
Cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik. Ada beberapa informan sebagai sumber data yaitu 4 guru PAI. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara editing, koding dan tabulasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis data Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan tekhnik menjamin keabsahan data dilakukan dengan cara kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Ada empat temuan dalam penelitian ini yaitu: 1) perencanaan diwajibkan kepada guru-guru PAI pada setiap awal semester dengan membuat silabus, program tahunan, program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemudian pada minggu pertama diserahkan kepada pembantu kepala sekolah untuk diperiksa dan disetujui oleh kepala sekolah. 2) pengorganisasian dilakukan dengan pemilihan guru yang mengajarkan mata pelajaran PAI dan menyiapkan kurikulum. Kepala sekolah dibantu pembantu kepala sekolah menentukan mata pelajaran yang diasuh, jumlah jam pelajaran dan menetukan kelas mengajar. Guru-guru PAI menentukan: materi, metode, media, strategi, rencana pelaksanaan pembelajaran dan menentukan indikator serta standar kompetensi dan kompetensi dasar. 3) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. 4) pengawasan pembelajaran PAI dilakukan oleh guru-guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan piket sekolah. Pengawasan dapat berupa tes dan non tes, tes dapat dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung, tes ulangan harian, tes memeriksa tugas-tugas siswa, tes ulangan mid semester dan tes semester. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah manajemen pembelajaran PAI di SMA Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan menjalankan empat fungsi-fungsi manajemen, yaitu: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan pengawasan pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 07:24 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 07:25 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/579 |
Actions (login required)
View Item |