Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Akhlak Siswa Di Smp Muhammadiyah 48 Medan

Munthe, Sampurna (2016) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Akhlak Siswa Di Smp Muhammadiyah 48 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru PAI, bagaiamana akhlak siswa setelah proses belajar mengajar, dan apa startegi pembelajaran guru PAI efektif dalam membangun akhlak siswa di SMP Muhammaduyah 48 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif naturalistik, yaitu jenis penelitian yang mengkaji data yang menggambarkan realita sosial yang kompleks dan konkret. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 48 Medan menunjukkan strategi pembelajaran guru PAI sudah cukup baik karena strategi pembelajaran guru PAI bervariatif pada saat proses belajar mengajar oleh karena itu strategi pembelajaran guru PAI efektif hal tersebut dapat dilihat pada saat proses belajar mengajar guru PAI menerapkan strategi modeling, pola pembiasaan serta strategi pembentukan tim dan lain- lain. Guru PAI menjadi tauladan yang patut untuk dicontoh siswa. guru PAI memberikan nasehat- nasehat agama kepada siswa serta memberikan contoh yang mulia. Akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 48 Medan sudah cukup baik hal tersebut dapat dilihat pada saat siswa berada di sekolah, sudah mencerminkan prilaku yang baik hormat kepada guru dan sayang kepada teman- teman serta menjaga kebersihan sekolah serta disiplin datang ke sekolah. Strategi pembelajaran guru PAI hal ini sudah cukup baik namun perlu untuk ditingkatkan kembali agar siswa mampu menjadi tauladan yang baik bagi keluarga dan masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:53
Last Modified: 13 Jun 2019 07:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item